Esports

Bagi seorang atlet esports tentunya akan merasa gelisah ketika akan mengikuti sebuah ajang turnamen. Hal ini dikarenakan mereka pasti akan merasa cemas dan gugup saat harus berada di atas panggung yang ramai dengan sorakan penonton serta sorotan kamera. Karena sorotan kamera dan kilauan lampunya selalu mengikuti pergerakannya.

Sehingga ketika harus mengikuti turnamen dalam rangka menjadi perwakilan negara atau membawa nama tim tentunya membuat peserta merasa takut akan mengecewakan harapan timnya. Lebih buruknya lagi adalah saat rasa cemas mulai menyelimuti pikirannya, hal ini terkadang membuat para atlet salah langkah dan memberikan dampak negatif terhadap cara bermain ketika bertanding.

Maka dari itulah, para atlet harus bisa mengontrol kecemasan dan stres dengan baik bila ingin sukses mengikuti turnamen. Kecemasan itu sendiri sebenarnya timbul karena ada beban ketika bertanding dan bisa juga terjadi saat terlalu lama bermain, hingga lupa kapan waktunya beristirahat. Akibatnya hal ini membuat kinerja otak dan performa menurun.

Ciri-ciri Atlet Esports yang Tidak Siap Turnamen

Tanda-tanda peserta yang sedang gelisah dan tidak siap mengikuti turnamen adalah sering menggerakkan bagian tubuh tertentunya terus-menerus. Selain itu, mereka biasanya juga lebih sering memindahkan tumpuan badan (berganti posisi duduk). Ada juga beberapa dari mereka yang sering mengedipkan matanya, karena gelisah saat turnamen, dan masih banyak hal lainnya.

Maka dari itulah, seorang pemain turnamen harus memperhatikan banyak hal ketika akan bertanding. Karena jika kegelisahan itu tidak segera diatasi akan membuat konsentrasinya terganggu. Sehingga mereka kesulitan mengorganisir dirinya saat bertanding di ajang turnamen. Bahkan ada juga di antara mereka yang menjadi terlihat kebingungan dan melamun.

Selain itu, kegelisahannya biasanya juga terlihat dari seringnya membuat kesalahan dan sulitnya mengikuti arahan. Hal-hal yang seperti itu tentunya bisa membuat Anda gagal dalam mengikuti turnamen hingga pada akhirnya berakibat kekalahan. Karena Anda tidak bisa mengontrol diri dengan baik. Jadi pastikan telah mempersiapkan diri dulu supaya tidak gugup ketika turnamen.

Tips untuk Atlet Esports agar Tidak Gugup saat Mengikuti Turnamen

Untuk mengatasi rasa cemas yang berlebihan ketika akan mengikuti turnamen game itu bisa dilakukan dengan banyak cara. Sehingga Anda bisa lebih mudah mengontrol diri karena tidak ada yang perlu dikhawatirkan lagi. Di bawah ini adalah beberapa tips jika Anda sering gugup ketika akan mengikuti turnamen game, antara lain:

  1. Saat kecemasan itu muncul, nafas peserta menjadi lebih cepat. Maka solusinya adalah kontrol ritme pernafasan dengan cara menarik nafas hingga 10 detik. Sehingga hal ini akan membuat kinerja otak dan nafas normal kembali. Selain itu, jangan lupa membuat semua pikiran negatif disaat mengatur pernafasan. Cara ini efektif membuat Anda fokus.

  1. Jangan lupa untuk selalu mendorong motivasi yang positif untuk diri sendiri. Ingatlah bahwa kritikan terbesar sebenarnya bukanlah dari orang lain. Namun kritikan terbesar datangnya dari diri sendiri, begitu juga dengan motivasi. Maka dari itulah, cobalah berbicara pada diri sendiri dan ciptakan kalimat positif supaya lebih percaya diri dan siap mental.

    Baca juga: Cara Menjadi Pemain Esports Profesional Dan Perhatikan Hal Ini

  1. Istirahatlah yang cukup dan cari tahu penyebab datangnya kecemasan. Dengan beristirahat dan makan yang cukup akan membuat otak lebih fokus. Sedangkan bila mencari tahu penyebab kecemasan, itu akan membuat Anda mengatasi semua hal yang memakan energi otak. Sehingga Anda bisa lebih siap bertanding.

Namun yang pasti, jangan pernah takut kalah turnamen. Semakin berlatih, itu akan membuat Anda lebih percaya diri dan terbiasa untuk mengikuti semua turnamen. Sehingga Anda akan lebih siap mengikuti berbagai macam turnamen LAN dan menjadi atlet esports yang profesional karena bisa mengalahkan kecemasan.

Agen Poker ResmiBergabung Dan Bermain Di Situs Agen IDN POKER Resmi Akan Menjadikan Anda Jutawan Kaya Raya